Selasa, 08 Desember 2020

Pentingnya Menjaga Keehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi


Gangguan kesehatan bisa datang kapan saja. Hal ini menjadi lebih berat karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Pandemi Covid yang masih berlanjut menjadi alasan mengapa kita harus menjaga kesehatan gigi dan mulut secara rutin.Fasilitas kesehatan termasuk klinik, rumah sakit, hingga puskesmas membatasi setiap kunjungan pasien yang ingin berobat, termasuk klinik yang menangani masalah pada gigi dan mulut.

Menurut American Dental Asociation, beberapa klinik dapat menerima kunjungan pasien yang dalam keadaan darurat dan tetap dengan prosedur kesehatan seperti:

- Anda kemungkinan besar perlu membuat jadwal terlebih dahulu dan kemudian klinik akan memastikan kondisi kesehatan Anda.

- Anda tetap perlu melakukan upaya pencegahan virus seperti memakai masker, sarung tangan, dan menjaga jarak.

- Klinik atau fasilitas kesehatan pada umumnya menyediakan hand sanitizer, manfaatkan hal ini setiap kali melakukan kontak dengan permukaan yang sering disentuh orang banyak.

Untuk menghindari terjadinya masalah pada gigi dan mulut, menjaga kebersihannya merupakan suatu keharusan. Dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat, Anda tidak perlu pergi ke dokter sehingga bisa terhindar dari risiko terpapar virus COVID-19.

Berikut beberapa tips yang Anda lakukan dalam upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi:

1. Menyikat gigi secara rutin dengan teknik yang benar


Berdasarkan edaran Kemenkes RI 2018, kita dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pemilihan sikat gigi terdapat tiga jenis,yaitu soft, medium dan hard. Kita dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat soft atau medium.

2. Memilih pasta gigi yang mengandung fluor

Tidak ada merek tertentu yang secara spesifik dianjurkan untuk Anda. Namun, pastikan untuk membaca setiap kandungan yang terdapat di dalamnya dan disarankan harus mengandung fluor. Fluor dapat berguna untuk melindungi gigi untuk membantu mencegah karies dan kerusakan pada gigi.

3. Menggunakan obat kumur

Mouthwash atau obat kumur biasanya digunakan setelah Anda selesai menggosok gigi dengan tujuan untuk menjaga kesehatan gigi dengan optimal. PDGI merekomendasikan rinsing atau berkumur-kumur dalam perawatan kebersihan rongga mulut sehari-hari. Gunakan obat kumur antiseptik setelah menggosok gigi untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

Kumur-kumur dapat mengurangi plak, mencegah karang gigi, mencegah bau mulut, dan menjaga kesehatan gusi.

4. Mengurangi asupan gula

Makanan dan minuman yang tinggi akan gula dan asam seperti permen, minuman berkarbonasi, dan soda dapat dengan mudah membuat zat asam dalam mulut meningkat. Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi makanan jenis ini.

Menjaga jarak dengan orang lain merupakan tindakan pencegahan menyebarnya coronavirus. Oleh karena itu, tetap jaga kebersihan dan kesehatan agar tidak memerlukan kunjungan ke klinik atau rumah sakit yang biasanya dipadati banyak orang.


0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Media

Lokasi

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

Jam

Popular Posts

Translate

Total Tayangan Halaman